Kamis, 14 Mei 2009

SAVE THE PLANET

Perkembangan Dunia Informasi sudah sedemikian pesat. Berbagai technologi semisal computer, interaktif kamera dan perangkat mobile dengan berbagai fitur yang semakin canggih ditambah bertumbuh – kembangnya provider penyedia akses internet sebagai pendukung utama komunikasi sangat sulit untuk dibendung.

Bagaimanakah kita menyikapi fenomena tersebut ? Pengawasan terhadap muatan – muatan negative tidak bisa dilimpahkan kepada institusi terkait secara absolute karena control yang sesungguhnya kembali kepada pribadi masing – masing sebagai pengguna layanan informasi dunia maya.

Kebijakan dan kearifan sangat dibutuhkan dalam mennyikapi setiap inovasi yang terus melaju sebagai bentuk kreativitas dan eksistensi berbagai individu dalam karya. Keperdulian dalam mencermati manfaat serta kegunaan technologi informasi secara positif seharusnya bisa meminimalisir efek negative yang ada.

Pembekalan mengenai dunia tulis – menulis sebagai salah satu alternative yang bisa menciptakan efek positif bagi individu khususnya para kaum muda atau pelajar untuk berpikir dan berkarya secara kreatif dan terarah dalam menjawab tantangan di masa - masa yang akan datang.

Save The Planet yang apabila diterjemahkan secara bebad bisa kita set-up dalam 2 (dua) implikasi atau arahan yang berbeda tetapi bermuara pada satu tujuan Positive Creativity. Idealismenya sebagai berikut :

1. Save the Planet adalah slogan yang kerap digaungkan oleh para aktivis lingkungan terkait dengan isu Global Warming yang kian tampak dan terasa efeknya oleh kita semua. Tag line tersebut diharapkan mampu menyentuh sensitifitas dan keperdulian mereka terhadap kelangsungan ekosistem yang baik dan buruknya akan mereka hadapi di masa depan.

Para pelajar sebagai generasi penerus dan kader pemimpin Indonesia di masa yang akan datang tentu mempunyai konsep serta pandangan tersendiri terhadap isu tersebut. Kreativitas dan orisinalitas dari opini mereka dalam wujud sebuah karya tulis akan menjadi dasar penilaian visi dan misi tentang akan menjadi apa atau akan dibawa kemana Indonesia di masa yang akan datang.

2. Save The Planet dalam implikasi lainnya mengarah pada pembekalan materi khususnya dalam bidang tulis–menulis baik secara off-line maupun on-line berikut berbagai materi tambahan yang sekiranya bisa memberikan ide – ide kreatif bahkan membuka wawasan ke dunia wirausaha dengan berbagai bentuk, planet yang mereka ciptakan sendiri.

Kita tidak menutup mata bahwa tidak semua anak beruntung mampu melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang Perguruan Tinggi, baik itu karena hambatan masalah Ekonomi ataupun karena keterbatasan kemampuan dalam bidang akademis.

Alangkah baiknya bila kemajuan tekhnologi informasi dewasa ini mampu menciptakan berbagai peluang yang apabila ditekuni secara tepat, cermat dan terarah bisa menjadi peluang berkarya hingga berwirausaha dengan penghasilan yang bagus dan membanggakan.

Tidak ada komentar: