Selasa, 09 Desember 2008

SEBANDING DENGAN GSM

Di awal kehadiran CDMA di Indonesia, tidak ada yang mau melirik untuk berkenalan dengannya. Dari mulai design yang dianggap ketinggalan jaman, body gembrot, fitur seadanya, sama sekali tidak mengikuti trends.

Dunia CDMA sendiri sebenarnya sudah berkembang kearah real Time decoder. Ditambah perjanjian komersial antara vendor ponsel Qualcomm untuk solusi mobile video software. Sebuah bagian dari kumpulan aplikasi launchpad yang meliputu QTv, sangat memungkinkan untuk real-time decoder termasuk streaming dan download video.

Lalu, Qcamcoder, sebuah real time encoder yang merekam video dan Qvideophone, sebuah solusi video telephony dua arah yang memungkinkan mobile video conferencing. Vendor yang sudah komitmen antara lain Casio, Kyocera, LG Electronics, Samsung, Sanyo, Sony Ericsson Mobile Communications Japan Inc. dan Synertek.

Parameter jaringan dan kemampuan membaca RUIM merupakan dua factor penting dalam memilih ponsel. Pasalnya, ada dua macam frekuensi yang diberikan operator Indonesia yaitu 800 Mhz dan 1900 Mhz. Tergantung daerah dan lisensinya. Di dunia, produk Cina maupun Korea memiliki peluang untuk masuk pasar Indonesia karena kemampuan untuk membaca parameter tersebut. Tidak hanya vendor besar, vendor kecil tanpa nama pun menggunakan fasilitas RUIM untuk mengadaptasi parameter jaringan.

by Ghinonk

Tidak ada komentar: