Minggu, 07 Desember 2008

CITRA POSITIF & NEGATIF

Kata adalah bahan mentah dari pikiran. Ukuran yang penting atas kosakata seseorang bukanlah jumlah suku kata dalam kata – kata yang digunakannya tetapi satu – satunya hal yang penting adalah efek yang ditimbulkan oleh frase atau kata yang diucapkannya atas cara berpikirnya dan cara berpikir orang lain. Kata, ketika diucapkan mengandung istrumen yang membuat otak merespon sebagai gambaran dari pemikiran sang penyampai.

Kita tidak berpikir dalam kata atau frase tetapi kita berpikir hanya dalam gambaran atau citra yang kita tangkap.
http://uangpanas.com/?id=ghinonk


Apabila seseorang mengatakan kepada kita : “ Si A membeli sepatu merah “ maka akan tampil dalam pikiran kita sebuah gambar berbagai bentuk sepatu merah yang pernah kita lihat. Apabila seseorang tersebut mengatakan hal lain, misalnya : “ Si B membuat rumah bambu” maka akan tampil gambar lain dengan ilustrasi sebuah rumah terbuat dari bambu.

Jika anda mengatakan kepada orang lain : “Kita harus mengeluarkan biaya besar, tenaga yang besar, waktu yang lama dan tingkat kesulitan yang tinggi untuk menjalankan sebuah bisnis” apa yang akan anda dapatkan ? biasanya orang akan merespon negative karena ia akan lelah membayangkan sebuah bentuk usaha yang besar, sulit, lama dan beresiko. Mungkin anda akan melihatnya terengah – engah tanpa memulai sesuatu tindakan apapun, hanya dengan memikirkan apa yang anda ucapkan.

Cobalah sampaikan padanya untuk sesuatu yang sederhana,tidak muluk – muluk tetapi tidak menipu melainkan membesarkan.Misalnya : “Sebaiknya kita membuat suatu investasi yang besar “ Apa yang terbayangkan ? Suatu kondisi yang menyenangkan, eksplorasi dan keuntungan besar. Tertarik ? Tentu saja.

Pernyataan Dengan Efek Negatif :
( Citra : Gelap, Muram, Kekecewaan, Kesedihan, Kegagalan )

1. Tidak ada gunanya, kita sudah kalah.
2. Saya pernah sekali berkecimpung dalam bisnis itu dan gagal. Saya tidak mau mencobanya lagi.
3. Saya sudah berusaha tetapi produknya, memang tidak laku. Orang tidak menginginkannya.
4. Pasarnya sudah jenuh. Bayangkan… 75% dari potensi yang ada sudah terjual. Lebih baik keluar.
5. Pesanan mereka selama ini kecil. Hentikan saja.
6. Lima tahun adalah waktu yang terlalu lama sebelum saya dapat masuk ke peringkat atas di perusahaan anda. Keluarkan saya.
7. Pesaing memiliki semua kelebihan. Bagaimana anda berharap saya menjual melawan mereka ?
8. Tak seorang pun akan pernah menginginkan produk itu
9. Mari kita tunggu hingga resesi terjadi .
10. Saya terlalu muda/tua untuk pekerjaan itu
11. Tidak akan berhasil, Mari saya buktikan

Pernyataan Dengan Efek Positif :
( Citra : Cerah, Penuh Harapan, Sukses, Menyenagkan, Kemenangan )

1. Kita belum kalah, mari kita terus berusaha. Ini asa segi lain yang baru. http://www.clixsense.com/?2631509
2. Saya memang bangkrut, tetapi itu salah saya sendiri. Saya akan mencoba lagi. http://uangpanas.com/?id=ghinonk
3. Sejauh ini saya memang tidak mampu menjual produk ini. Tetapi saya tahu produk ini bagus dan saya akan menemukan formula yang akan membuatnya laku.
4. Bayangkan 25 % dari pasar masih belum terjual. Sertakan saya, Tampaknya ini bisnis besar ! http://uangpanas.com/?id=ghinonk
5. Pesanan mereka selama ini memang kecil. Mari kita susun rencana untuk meningkatkan pesanan mereka. http://www.clixsense.com/?2631509
6. Lima tahun bukanlah waktu yang terlalu lama. Coba piker, itu masih memberi saya 30 tahun unruk bekerja pada tingkat tinggi. http://www.clixsense.com/?2631509
7. Pesaing memang kuat. Tidak ada yang menyangkal hal itu, tetapi tak seorang pun memiliki semua kelebihan. Mari kita pikirkan bersama cara untuk mengalahkan mereka dalam permainan mereka sendiri. http://uangpanas.com/?id=ghinonk
8. Dalam bentuknya yang sekarang, produk ini mungkin memang tidak mudah untuk dijual, tetapi mari kita pertimbangkan beberapa modifikasi. http://www.clixsense.com/?2631509
9. Mari kita melakukan investasi sekarang. Bertaruhlah untuk kemakmuran, bukan depresi.
10. Usia muda/tua adalah keuntungan yang mencolok
11. Ini akan berhasil, mari saya buktikan. http://uangpanas.com/?id=ghinonk

Untuk berpikir besar kita harus menggunakan kata dan frase yang menghasilkan citra atau gambar mental yang positif dan besar. Pergunakan kata yang positif untuk menggambarkan perasaan anda, Ingatlah kata – kata yang menyenangkan untuk menggambarkan orang lain dan gunakan bahasa yang mebesarkan hati. Janjikan kemenangan dan saksikan mata yang menyala. Janjikan kemenangan dan dapatkan dukungan. Bangunlah istana, jangan menggali kuburan.
By Ghinonk
Disunting dari “The Magic of Thinking Big by David J. Schwartz”

Tidak ada komentar: